Kirab TPA Praba Dharma Semarakkan HUT ke-268 Kota Yogya

UMBULHARJO – Suasana Kota Yogyakarta hari ini dipenuhi dengan keceriaan dan semangat anak-anak. Khususnya anak-anak TPA Praba Dharma yang hari ini Selasa (8/10) menyelenggarakan kirab memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-268 Kota Yogyakarta.
Kegiatan kirab itu dilaksanakan setiap tahunnya. Hanya saja tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya lantaran orang tua wali murid ikut membersamai kegiatan kirab.

Puluhan anak TPA Praba Dharma meriahkan HUT ke-268 Kota Yogyakarta.

Dengan mengenakan pakaian adat dan kostum berwarna-warni yang mencerminkan budaya Kota Yogyakarta, anak-anak terlihat gembira mengikuti rangkaian kirab tersebut.
Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta, Retnaningtyas mengungkapkan, kirab ini dimulai dari TPA Praba Dharma dan berakhir di Plaza Balaikota Yogyakarta.
Pihaknya turut bangga dan antusias terhadap partisipasi anak-anak. "Ini adalah momentum yang luar biasa, di mana generasi penerus kita ikut serta dalam merayakan HUT ke-268 Kota Yogyakarta dengan penuh semangat,”jelas Retno saat diwawancarai.

Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta, Retnaningtyas saat memberikan sambutan.

Retno yang sering disapa menambahan, kirab tersebut tidak hanya menunjukkan kreativitas mereka, tetapi juga mengenalkan nilai-nilai budaya dan kebersamaan kepada anak-anak sejak dini.
Menurutnya, acara dengan melibatkan dukungan dari orang tua akan menambah rasa memiliki dan menjalin silaturahmi antar orang tua, guru dan anak-anak.
“Selain menjadi ajang hiburan, kegiatan ini juga bertujuan mempererat hubungan antara sekolah dan keluarga dalam upaya mendukung pendidikan dan pengembangan karakter anak-anak,”ungkapnya.

Antusias dari wali murid pun terlihat saat menemani sang buah hati kirab di Komplek Balaikota Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut, anak-anak juga diajak untuk memperebutkan gunungan yang berisikan makanan tradisional sebagai bagian dari tradisi budaya di Kota Yogyakarta.
Salah satu wali murid di TPA Praba Dharma yang merupakan pegawai Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta, Susanti mengungkapkan, senang bisa mengikuti kegiatan HUT ke-268 Kota Yogyakarta.

Salah satu wali murid di TPA Praba Dharma yang merupakan pegawai Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta, Susanti saat diwawancarai.

“Selain mengenalkan budaya Jawa, anak-anak bisa bergembira berjalan menggunakan busana adat Jawa bersama teman-teman mereka,”ujarnya.
Ia berharap, kegiatan seperti ini terus dilakukan agar anak-anak TPA Praba Dharma menjadi pribadi yang berbudaya dan berkarakter. (Hes)

Dokumentasi foto bersama wali murid, guru dan para murid di TPA Praba Dharma.