Ucapan HUT ke-267 Kota Jogja Mengudara Lewat Frekuensi Radio Komunikasi di Seluruh Indonesia

UMBULHARJO- Ucapan selamat Hari Ulang Tahun ke-267 Kota Jogja mengudara lewat frekuensi radio komunikasi di seluruh Indonesia pada kegiatan Special Event Station yang digelar oleh Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) Kota Yogyakarta pada Sabtu (7/10/2023). Pemerintah Kota Yogyakarta menyambut baik kegiatan itu karena turut memberikan ucapan dan doa HUT ke-267 Kota Yogyakarta dan sebagai ajang silaturahmi para penggiat radio komunikasi.

Kegiatan SES 8G267YOG Orari Kota Yogyakarta itu dibuka oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo secara on air di band High Frequency (HF). Dalam pembukaan itu Singgih menyapa para penggiat radio komunikasi dan memohon doa serta dukungan untuk Kota Yogyakarta. Setelah dibuka Singgih, langsung direspon ucapan HUT ke-267 Kota Yogyakarta dari para penggemar radio komunikasi di berbagai daerah.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo (tengah) saat persiapan untuk membuka dan menyapa para penggiat radio komunikasi pada kegiatan SES HUT ke-267 Kota Yogyakarta yang diadakan Orari Lokal Kota Yogyakarta. 

“Kami mohon ucapan doa serta dukungan agar Kota Yogyakarta semakin konsisten, tangguh dan selalu tuntas dalam menjalankan tanggung jawab. Dirgahayu Kota Yogyakarta Tatag, Teteg, Tutug,” kata Singgih saat membuka SES 8G267YOG Orari Kota Yogyakarta, di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Yogyakarta.

Pihaknya menyambut baik kegiatan tersebut karena positif dan untuk saling berkomunikasi, silaturahmi dan menguatkan. Kegiatan itu pernah diadakan Orari Kota Yogyakarta HUT Kota Yogyakarta sejak beberapa tahun lalu. Namun kegiatan sempat jeda pada tahun kemarin dan dimulai kembali pada tahun ini .

Penggiat radio komunikasi dari Orari Lokal Kota Yogyakarta saat menerima respon ucapan selamat HUT ke-267 Kota Yogyakarta dari para penggiat radio komunikasi dari berbagai daerah. 

“Saya kira ini sangat positif untuk saling berkomunikasi, saling memberikan dukungan serta doa bagi Kota Yogyakarta. Setelah saya say hello dengan bahasa radio komunikasi ternyata langsung direspon oleh para anggota Orari yang ada di indonesia. Ternyata cukup ramai komunikasi di radio. Pemkot Yogyakarta sangat mendukung kegiatan ini karena bisa menjalin silaturahmi dan saling menguatkan,” terang Singgih ditemui usai membuka kegiatan SES 8G267YOG.

Sementara itu Ketua Orari Lokal Kota Yogyakarta, Rifqi Rizal mengatakan Orari Lokal Kota Yogyakarta rutin mengadakan SES itu pada kegiatan-kegiatan tertentu. Salah satunya pada HUT ke-267 Kota Yogyakarta yang sudah menjadi tradisi bagi Orari Lokal Kota Yogyakarta untuk menggelar SES dengan call sign 8G267YOG.

Para penggiat radio komunikasi Orari Lokal Kota Yogyakarta berfoto bersama dengan Singgih. 

“Pada HUT Kota Yogyakarta yang ke-267 ini kita ikut ambil bagian atau mangayubagyo (memperingati) di kegiatan ini. Kita juga langsung memancarkan secara on air, sehingga di seluruh penjuru nasional bisa mendengar dan bisa mendapat informasi bahwa hari ini HUT Kota Yogyakarta ke-267,” tutur Rifqi.

Dia menyebut anggota Orari Lokal Kota Yogyakarta sekitar 400 orang. Ucapan selamat HUT-267 Kota Yogyakarta datang dari berbagai daerah antara lain dari Boyolali, Temanggung dan Solo. Pihaknya menargetkan kegiatan itu mendapat respon ucapan dari para penggiat radio komunikasi dari seluruh nusantara seperti hingga Sumatra dan Papua. (Tri)