KEGIATAN KARNAVAL DAN PENTAS SENI MEMPERINGATI HUT KE-267 KOTA YOGYAKARTA SD DAN SMP SE-KEMANTREN MANTRIJERON TAHUN 2023

Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke-267 diperingati oleh SD dan SMP Se-Kemantren Mantrijeron pada hari Selasa tanggal 3 Oktober 2023 yang bertempat di lapangan Minggiran. Tema kegiatan yaitu Tatag-Teteg-Tutug yang mengandung makna membangun kualitas seseorang yang bagus dan menjadi bekal untuk menjalani tantangan untuk membentuk ketahanan yang konsisten ketika mendapatkan kritik maupun halangan dari luar, serta bagaimana mereseponnya agar tetap teguh sehingga tuntas dalam menjalankan suatu tanggung jawab. Maksud dari kegiatan ini adalah menyemarakan bertambahnya usia kota Yogyakarta, agar masyarakat mengetahui hari besar ulang tahun kota Yogyakarta, sebagai ajang silaturahmi warga antar sekolah se Kemantren Mantrijeron dan mengenalkan budaya yang dimiliki Kota Yogyakarta. Kegiatan karnaval dan pentas seni dalam rangka Peringatan HUT ke-267 Kota Yogyakarta Tahun 2023  ini juga bertujuan sebagai sarana untuk melestarikan budaya dan keunikan yang dimiliki sehingga masyarakat lebih menghargai dan mengingkat kembali kearifan lokal yang dimiliki.

Kegiatan karnaval dan pentas seni ini diikuti oleh seluruh Sekolah Dasar Se-Kemantren Mantrijeron diantaranya SD Negeri Suryowijayan, SD Muhammadiyah Suryowijayan, SD Negeri Gedongkiwo, SD Pedagogia, SD Kanisius Pugeran, SD Negeri Suryodiningratan 1, SD Kanisius Kumendaman, SD Negeri Suryodiningratan 2, SD Muhammadiyah Danunegaran, SD Negeri Suryodiningratan 3, SD Muhammadiyah Jogokariyan, SD Negeri Minggiran dan satu SMP yaitu SMP Stella Duce 2 Yogyakarta. Perkiraan jumlah keseluruhan yang mengikuti acara tersebut yaitu 1.236 orang yang terdiri dari 1.176 peserta didik, 40 kepala sekolah dan tenaga kependidikan serta 20 orang tamu undangan.

Rangkaian kegiatan HUT Kota Yogyakarta ini berupa kegiatan karnaval dari masing-masing sekolah dan pentas seni perwakilan dari tiap sekolah. Kegiatan dimulai pukul 08.00 dengan pembukaan dari MC, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan dari Ketua Kegiatan Bapak Eliyas Subekti, S.Pd.Jas dan sambutan dari Bapak Kepala Dinas Kota Yogyakarta Bapak Budi Santosa Asrori, S.E., M.Si yang sekaligus membuka kegiatan karnaval dan pentas seni untuk segara berjalan. Kemudian dilanjutkan dengan flashmob bersama seluruh peserta karnaval, pembacaan doa, pawai karnaval berjalan, pentas seni perwakilan setiap sekolah, pengumuman hasil lomba karnaval dan diakhiri dengan penutup.

Kegiatan pawai karnaval diikuti oleh seluruh peserta dari tiap sekolah dengan menampilkan berbagai keunikan dan kekhasan yang dimiliki oleh masing – masing sekolah yang berbeda beda seperti bermusik dengan kentongan, membuat gunungan dari sayuran dan snack makanan, jatilan, pakaian dari palstik bekas, drumband, tari-tarian tradisional dan masih banyak lagi. Kegiatan karnaval berjalan dengan titik kumpul lapangan minggiran dilanjutkan dengan rute lapangan minggiran ke utara -> Perempatan Gading ke Barat -> Perempatan Jokteng Kulon ke Selatan -> Perempatan Pugeran ke Timur -> Lapangan Minggiran. Setelah semua peserta karnaval sudah sampai dilapangan dilanjutkan dengan pentas seni perwakilan dari masing-masing sekolah diantaranya :

  1. SD N Suryowijayan menampilkan tarian Nawung Sekar
  2. SD Muh. Suryowijayan menampilkan tarian Nusantara Harmoni
  3. SD N Gedongkiwo menampilkan Flashmob Menari
  4. SD Pedagogia menampilkan Tari Candik Tunggal
  5. SD Kanisius Pugeran
  6. SD N Suryodingratan 1 menampilkan Tarian Jirolupat
  7. SD Kanisius Kumendaman menampilkan senam kelurahan Nuswantara
  8. SD N Suryodiningratan 2 menampilkan tarian Wonderful Nusantara
  9. SD Muh. Danunegaran menampilkan Tapak Suci
  10. SD N Suryodiningratan 3 menampilkan Tari Sesigrakan
  11. SD Muh. Jogokariyan menampilkan Menyanyi Assalamualaikum Ya Rasulallah
  12. SD N Mimggiran menampilan tarian Tari Pelajar Pancasila
  13. SMP Stella Duce 2 Yogyakarta menampilkan Macapat Sekar Gambuh

Setelah kegiatan pentas seni tiap sekolah yang beraneka ragam tersebut selesai dilanjutkan dengan pengumuman kejuaraan karnaval yang mana juara 1 diraih oleh SD Pedagogia, juara 2 diraih oleh SD Negeri Suryodiningratan 1 dan juara 3 diraih oleh SD Kanisius Pugeran.

Demikianlah kegiatan HUT Kota Yogyakarta ke-267 SD dan SMP Se-Kemantren Mantrijeron yang dapat terlaksana dengan lancar dan sukses. Tentunya kami selaku panitia kegiatan mengucapkan terima kasih terhadap instansi dan pihak-pihak terkait seperti Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Kemantren Mantrijeron, Polsek Mantrijeron, Koramil Mantrijeron, Puskesmas Mantrijeron, Pengawas Pembina SD Se-Kemantren Mantrijeron, Bapak Ibu Kepala Sekolah, dan Panitia Kegiatan yang telah mendukung dan bersinergi dalam kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan baik. Kami ucapkan terima kasih juga kepada Bank BPD DIY Syariah, Swalayan Maga, Foto Copy Gemilang, Telur Baik, Madani HT atas bantuan dan dukungan terselenggaranya kegiatan ini.