Sekar Rinonce Ruang Seni dan Ekspresi Seniman Malioboro

 

 

Danurejan - Ratusan pengunjung Malioboro padati depan Teras Malioboro 2 dan Teras Malioboro 1, Selasa malam (3/10). Para pengunjung nampak antusias menyaksikan persembahan panggung hiburan Sekar Rinonce. Suasana semakin meriah saat pembawa acara mulai membagikan souvenir berupa special gift dan makanan khas Yogyakarta bakpia kepada pengunjung Malioboro.

 

Sekar Rinonce merupakan serangkaian event seni budaya yang rutin diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta untuk membangkitkan memori kolektif sejarah beserta atmosphere budaya di Kawasan Malioboro.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti di Teras Malioboro 2.

 

“Pergelaran Sekar Rinonce ini rutin setiap hari Selasa dan Sabtu kita laksanakan, ini menjadi salah satu media bagi para seniman dan pemusik di malioboro maupun yang ada di Kota Yogyakarta untuk mengekspresikan karya seni mereka,” jelasnya.

 

Salah satu hal yang spesial dari Sekar Rinonce kali ini, tersedianya hopesign sebuah papan besar untuk menuliskan kesan, pesan dan harapan para pengunjung Malioboro. Tentunya pesan-pesan dan harapan para pengunjung akan menjadi bahan pertimbangan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mengambil kebijakan dan program yang mendukung kemajuan Kota Yogyakarta.

 

Keseruan pengunjung memeriahkan kuis dan games

 

“Untuk Sekar Rinonce kali ini lebih spesial dari biasanya, dengan pembawaan atmosfer kemeriahan hari ulang tahun Kota Yogyakarta ke-267. ada penanda logo Ulang tahun Kota Yogyakarta dan ada semacam papan kesan dan pesan untuk Ulang Tahun Kota Yogya yang bisa ditulis oleh seluruh pengunjung baik dari masyarakat Yogyakarta maupun luar kota bisa menuliskan harapannya juga,” ungkap Yetti.

 

Suasana meriah pada malam ini diisi penampilan spesial dari seniman dan pemusik Kawasan Malioboro. Untuk panggung Teras Malioboro 1 menampilkan dari komunitas Angklung Malioboro dan Teras Malioboro 2 menampilkan band Gank X.

 

“Biasanya kita bekerjasama dengan sanggar-sanggar seni budaya yang ada di Kota Yogyakarta, namun kali ini kita khususkan untuk pemusik dari Kawasan Malioboro,” tuturnya.

 

Semakin malam, suasana semakin memanas ketika pembawa acara memberikan beberapa pertanyaan dan games ringan kepada para penonton untuk diberikan souvenir. “Hari ini akan diberikan games dan doorprize, ini biasanya tidak ada tapi spesial Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta jadi kami memberikan special gift untuk masyarakat yang berkunjung di Kawasan Malioboro dan menonton Sekar Rinonce,” tambah Yetti.

 

Salah satu pengunjung yang ikut menulis kesan, pesan dan harapan untuk Kota Yogyakarta

 

Menurut salah satu pengunjung dari Pontianak, Ayu Safitri (24) Kota Yogyakarta sangat luar biasa dalam membuat serangkaian event maupun acara. Baginya, ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun asing.  

 

“Event Kota Yogyakarta itu sangat menarik ya, apalagi bagi para turis ini bisa bikin betah dan balik lagi ke Kota Yogyakarta. Semoga Kota Yogyakarta semakin jaya, bisa menjadi Kota yang Go Internasional dengan berbagai macam pariwisata yang ditawarkan,” ujarnya. (Chi)