Antusiasme Wisatawan Lokal Hingga Mancanegara Saksikan WJNC #7

Jetis – Ribuan penonton padati kawasan Tugu Pal Putih, menyaksikan kemegahan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #7 pada Jumat (7/10).

Wayang Jogja Night Carnival atau WJNC #7 merupakan event tahunan yang menjadi puncak perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta. Gelaran WJNC ke tujuh kalinya ini akhirnya bisa dinikmati pengunjung secara langsung setelah dua tahun sebelumnya dilakukan secara daring.

WJNC #7 pun akhirnya kembali mengambil latar belakang Tugu Pal Putih sebagai panggung utama. Dengan mengangkat tema Lokananta Arjuna Anugraha, yang merupakan nama seperangkat gamelan sakral di kahyangan yang dimainkan para dewa.

Sebanyak lebih dari 500 seniman dari 14 Kemantren di Kota Yogyakarta tampil dengan apik pada WJNC #7. Dengan menempuh rute sepanjang 1,2 kilometer, menyusuri Jalan Sudirman, hingga panggung utama di area Tugu Pal Putih, penampilan dari ratusan seniman dari tiap Kemantren disambut meriah oleh penonton yang sudah memadati lokasi acara sejak sore hari.

Salah satu penonton asal Bantul, Teguh Prasetyo yang turut serta mengajak Istri dan Anaknya, menceritakan pengalamannya menyaksikan keindahan WJNC #7. Menurutnya gelaran WJNC memang layak menjadi calendar of event, sebab pertunjukan yang disajikan sarat akan seni dan budaya.

“Ini baru pertama kali nonton secara langsung, ternyata ramai sekali, masyarakat sangat antusias. Semoga WJNC bisa terus berlanjut dan akan selalu ditunggu masyarakat. Selain makin banyak orang yang cinta dengan pertunjukan seni budaya kita, akan makin banyak juga pelaku seni yang berkarya dan terus melestarikan seni dan budaya itu sendiri,” ungkapnya.

Tidak hanya Teguh, penonton asal Kalimantan, Sumiati juga membagikan kesannya pertama kali menyaksikan WJNC secara langsung. Baginya, event seperti WJNC akan menambah pengalaman berwisata yang semakin berkesan di Kota Yogyakarta.

“Saya mahasiswi belum ada satu tahun di sini, dan ternyata ada acara sekeren ini. Jadi bisa punya hiburan yang berkualitas dan menambah wawasan soal budaya di Yogya. Semoga bisa ada dan Yogya makin istimewa,” ceritanya.

Gelaran WJNC #7 bukan hanya menjadi event yang ditunggu-tunggu penonton lokal saja, tapi juga mancanegara. Contohnya Carla dan Marco, wisatawan asal Spanyol ini mengaku sangat antusias menyaksikan parade karnaval. Menurut mereka, kostum yang dikenakan sangat unik dan menawan.

“Ini pertama kalinya kami ke Yogya, dan ternyata ada event ini. Sangat bagus dan menarik. Semoga acara ini makin banyak orang yang tahu, terutama turis dari luar. Jadi bisa menambah daya tarik orang untuk datang ke Yogya,” tambahnya. (Jul)